Thursday 5 January 2012

Industri konfeksi berkembang ditahun 2012

Pada tahun 2012 mendatang, diyakini industri konfeksi di Kabupaten Pati masih mampu untuk berkembang. Optimisme ini mempertimbangkan pada pangsa pasar di dalam negeri yang begitu besar.

"Total jumlah penduduk Indonesia sekarang ini sudah mencapai sekitar 236 juta jiwa. Bagi industri konfeksi, ini (jumlah penduduk-Red) merupakan pangsa pasar yang besar. Kami optimis industri konfeksi di Pati masih bisa berkembang pada sepanjang 2012," tutur Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pati H Riyanta di kantornya, Jalan A Yani, Sabtu (31/12).

Kendati menyimpan optimisme, tetapi pihanya juga tak menampik bersarnya persaingan di bidang pemasaran pada produk industri tersebut. Pasalnya, selain bersaing dengan produk dalam negeri, industri konfeksi di Pati juga harus dipaksa bersaing dengan produk impor.
Produk asal China, misalnya. Menurutnya, serangan produk Negeri Tirai Bambu begitu gencar. Selain itu, produk tersebut juga dijual dengan harga murah. Sementara hampir semua industri konfeksi di Pati bermodal terbatas (tergolong industri kecil menengah).

"Pengalaman pribadi saya, dengan model serta bahan yang hampir serupa, produk batik asal konfeksi asal China dijual dengan harga Rp 50.000 per potong. Sementara produk dalam negeri, rata-rata dijual dengan harga Rp 200.000. Namun, tentu saja kualitas produk dalam negeri, jauh lebih unggul," ujar Riyanta yang juga pengusaha konfeksi ini.
Dia menilai, kondisi tersebut bakal menyulitkan pemasaran produk dalam negeri. Hanya saja, pihaknya tetap optimis kondisi tersebut dapat diatasi. Salah satunya, dengan tetap menawarkan kualitas yang lebih unggul di banding produk impor asal China.

"Sekarang ini, kita juga perlu menggugah kesadaran masyarakat untuk mulai mencintai produk dalam negeri. Hal itu sangat penting untuk menciptakan iklim usaha yang mendukung bagi perkembangan industri konfeksi dalam negeri," tambahnya.


Sumber :
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/12/31/105607/2012-Industri-Konfeksi-di-Pati-Optimis-Berkembang


0 comments:

Post a Comment

Monggo diisi komentarnya....@simpang5tv...Matur Nuwun