Sunday 22 January 2012

Sejumlah Kegiatan Akan Meriahkan Perayaan Imlek Di Pati

Sejumlah kegiatan akan memeriahkan pergantian tahun baru China (Imlek) di Kabupaten Pati. Diantaranya pertunjukkan barongsai dan reog Ponorogo serta pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk.

Persiapan perayaan Imlek di Kabupaten Pati mulai terlihat disejumlah klenteng. Diantaranya di Klenteng Hok Tek Bio Jl Setya Budi Pati, dan Klenteng Hok King Bio Juwana.

Ketua Umum Perayaan Imlek Kabupaten Pati, Edi Siswanto kepada PAS Pati menjelaskan, perayaan imlek diawali dengan ramah tamah di Klenteng Hok Tek Bio dengan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat, pada Minggu pagi, 22 Januari 2012.

“Malam harinya sekitar pukul 20.00 di klenteng Hok Tek Bio akan menggelar barongsai dan reog Ponorogo. Dan pada pukul 23.00 akan menggelar pesta kembang api,” jelasnya.

Edi Siswanto menjelaskan, pesta kembang api tersebut menyesuaikan perayaan Imlek atau pergantian  tahun di China. Setelah itu, akan dilakukan sembahyang yang dipimpin seorang romo pendheta. 

“Karena disini tidak ada Tang Kie atau untuk umat Islam disebut Imam, sehingga saat persembahyangan akan dipimpin romo pendheta,” jelasnya.

Bersamaan dengan itu di Klenteng Hok King Bio Juwana, juga menggelar pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “Wahyu Tentrem” bersama dalan Ki Kunarto dari Pati.

Pada Senin siang, 23 Januari 2012 sekitar pukul 13.00 akan dilakukan ritual yang mengikutsertakan Liong Samsi, Naga Loreng Arhanud Kodam Diponegoro, Laksa Dharma Juwana, dan Marching Band SMA Salafiyah Kajen Margoyoso Kab Pati.

Sebelumnya pada 20 Januari 2012 lalu, kata Ketua Umum Perayaan Imlek Kab Pati Edi Siswanto, menjelang perayaan Imlek warga klenteng yang ada di Kabupaten Pati menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam beruapa 100 dus mie instan, dan 2 ton beras.

Sumber :

0 comments:

Post a Comment

Monggo diisi komentarnya....@simpang5tv...Matur Nuwun