Tuesday 24 January 2012

Batang Pohon Pisang Menumpuk Di Sungai Simo

Alur Sungai Simo di turut Desa Widorokandang Kecamatan Pati, kembali tersumpal sampah, terutama gedebok pohon pisang. Tumpukan sampai tersebut, menyumpat dipintu air dan berpotensi mengakibatkan banjir.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Simo, kini nampak kotor, dengan sampah gedebok. Gedebok itu menumpuk di pintu air. Sampah-sampah itu akan sulit terbawa air dan menyumbat aliran air, bila terus dibiarkan. Karena gedebok-gedebok itu, terhalang dan menyangkut dipintu air.

Salah seorang warga Desa Widorokandang bernama Suwiji kepada wartawan mengungkapkan, gedebok yang menumpuk itu setelah membusuk akan menjadi endapan tanah yang mempercepat terjadinya pendangkalan alur sungai 

“Pemandangan seperti itu sering terjadi. Terlebih, bila memasuki musim penghujan. Tumpukan sampah itu berasal dari bantaran,  yang rubuh dan hanyut kedalam sungai lantaran tanahnya terkikis akibat hujan beberapa hari lalu,” jelasnya. 

Suwiji berharap, dinding sungai dapat ditembok, sehingga tumbuhan atau tanah di sekitarnya tak mudah tergerus air saat hujan turun dengan intensitas tinggi.
Warga yang lain bernama Pardi, juga menuturkan hal senada. Katanya, sisi sungai yang masih dari tanah mudah terkikis dan mengakibatkan pendangkalan. 

Warga berharap dinas terkait dapat lebih memaksimalkan upaya perawatan, agar sampah yang menumpuk, segera dibersihkan. Karena dapat berdampak pembusukan sampah menebarkan aroma tak sedap, terlihat kumuh.

Sumber :

0 comments:

Post a Comment

Monggo diisi komentarnya....@simpang5tv...Matur Nuwun