Thursday 19 January 2012

Pembangunan Infrastruktur Di Sukolilo Butuh Rp. 4,3 Milyar

Dampak banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sukolilo lalu mengakibatkan sejumlah infrastruktur fisik rusak. Sehingga mobilitas masyarakat hingga sekarang terganggu. Untuk melakukan pembangunan infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang di Sukolilo, Pemkab Pati membutuhkan dana milyaran rupiah. melakukan pembangunan infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang di Sukolilo, Pemkab Pati membutuhkan dana milyaran rupiah. 

Pemkab Pati melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kini telah mengusulkan dana lebih dari Rp.4,3 milyar pada RAPBD 2012 mendatang. Alokasi anggaran itu, untuk membangun kembali infrastruktur di Kecamatan Sukolilo yang rusak akibat terjangan banjir bandang lalu.

Penjabat Bupati Pati Indra Surya yang diwawancara PAS Pati mengatakan, pembangunan infrastruktur di Sukolilo sudah dimulai. Sehingga masyarakat tidak terlalu lama terganggu mobilitasnya.

“Yang namanya tanggap darurat kemarin dari yang tidak dapat dimanfaatkan menjadi bermanfaat ini sudah. Nanti kalau yang tanggap darurat selesai dan anggaran sudah kita dapat. Sehingga kita bangun infrastruktur tahap ketiga ini, untuk pembangunan infrastrukturnya. Jadi kita sudah siap,” jelasnya. 

Selain pembangunan infrastruktur di Sukolilo yang rusak akibat banjir bandang, pemerintah, tutur Penjabat Bupati Pati, juga berupaya menanggulangi banjir tahunan. Salah satunya berencana melakukan normalisasi alur sungai Juwana yang mengalami pendangkalan dan penyempitan.

“Kemudian untuk normalisasi Sungai Juwana itu Rp.7,7milyar. Sehingga nanti dari Gabus tidak kebanjiran rutin. Nantinya juga ada penyodetan sungai, yang kedepannya akan menyelesaikan masalah yang selama ini ada, sehingga setiap tahunnya terjadi banjir rutin, yang masalah utamanya pendangkalan, dan penyempitan Sungai Juwana,” katanya.

Penjabat Bupati Indra Surya menambahkan, pihaknya juga berharap Pemerintah membuatkan kolam tambatan kapal di Juwana, dan pengerukkan pendangkalan hingga ke muara Juwana. Sehingga kapal-kapal di dermaga Juwana tidak menghambat aliran air menuju ke laut, dan desa-desa dipinggiran sungai Juwana aman dari banjir.

Sumber :

0 comments:

Post a Comment

Monggo diisi komentarnya....@simpang5tv...Matur Nuwun